Ezid19 Home Tutorial All About Cuan Entertainment E-Commerce

Tunggu sebentar...

Rekomendasi Bank Digital Terbaik untuk Menabung dan Transaksi Harian


Rekomendasi Bank Digital Terbaik - Bank digital di Indonesia kini semakin banyak, sehingga kamu mungkin bingung untuk memilih. Nah, pada artikel ini saya akan membagikan rekomendasi bank digital terbaik untuk menabung dan transaksi sehari-hari kamu. Langsung saja, berikut daftarnya!

Rekomendasi Bank Digital Terbaik

Adanya bank digital kini semakin memudahkan nasabah untuk menabung dan bertransaksi, tanpa perlu waktu untuk pergi ke tempat tertentu. Sesuai namanya, bank digital semuanya dilakukan secara digital, mulai dari buka rekening, menabung, transaksi, penutupan rekening, dan sebagainya. Yah, meski ada kalanya kamu tetap perlu ke kantor cabang terdekat untuk mengurus beberapa hal terkait rekening kamu. Namun secara umum semua hal berkaitan bank digital dapat dilakukan secara digital.

Ada banyak alasan agar kamu segera membuka rekening bank digital. Salah satunya yaitu karena kelebihan-kelebihan yang mereka sediakan. Nah, beberapa kelebihan yang secara umum disediakan oleh bank digital yaitu sebagai berikut:

  1. Gratis biaya administrasi
    Pada bank konvensional, kamu perlu membayar biaya administrasi yang biasanya dipotong otomatis sebulan sekali. Nah, biaya administrasi di bank digital umumnya tidak ada, alias gratis.
  2. Gratis transfer ke seluruh bank
    Pada bank konvensional, kamu perlu membayar biaya transfer untuk melakukan transfer antar bank. Nah, biaya transfer antar bank pada bank digital umumnya gratis, meski ada beberapa bank digital yang menerapkan syarat tertentu.
  3. Kelebihan untuk menabung
    Banyak bank digital yang memberikan kelebihan dan fitur-fitur unik agar nasabahnya menabung.
  4. Kelebihan untuk bertransaksi
    Setiap bank digital berusaha untuk memberikan nasabahnya kemudahan dalam bertransaksi.
Rekomendasi Bank Digital Terbaik untuk Menabung dan Transaksi Harian

Nah, jika kamu bingung untuk membuka rekening di bank digital mana, berikut saya berikan daftar rekomendasi bank digital terbaik untuk menabung dan transaksi harian. Daftar rekomendasi ini saya buat berdasarkan pengalaman saya setelah menggunakannya. Saya juga akan menuliskan poin-poin penting yang dimiliki oleh bank digital tersebut, meski tidak semuanya akan saya bahas. Langsung saja, berikut daftarnya!

Rekomendasi Bank Digital untuk Menabung

1. Bank Jago

-->

Bank Jago mempunyai fitur menarik untuk menabung, yang dinamakan Kantong. Kamu bisa membuat banyak kantong untuk menabung banyak hal. Misalnya kamu ingin menabung untuk keperluan nikah dan membangun rumah, maka kamu tinggal membuat dua kantong untuk menabung. Kamu juga bisa mengundang orang lain untuk menabung di kantong yang sama. Misalnya di kantong untuk keperluan menikah, kamu bisa mengundang pasangan kamu agar bisa menambahkan uang dan ikut menabung bersama.

Bukan itu saja, kamu juga dapat menentukan target tabungan, mengunci kantong agar tidak bisa diambil (deposito), dan mengisi kantong atau menabung secara otomatis yang disebut autosave. Fitur autosave ini merupakan fitur yang paling saya sukai. Jadi kamu bisa menabung secara terjadwal, harian, mingguan, atau bulanan. Saldo dari kantong utama akan langsung dikirimkan ke kantong tabungan sesuai jadwalnya.

Selain fitur-fitur di atas, Bank Jago juga menyediakan mode akun dengan bunga dan tanpa bunga. Kamu bisa memilih mode tersebut saat pembukaan rekening. Jadi, menurut saya Bank Jago adalah bank digital terbaik untuk keperluan menabung.

Fitur selengkapnya bisa kamu cek di website resmi Bank Jago.

2. Bank Neo Commerce (Neo+)

-->

Setelah membuka rekening Neo+ BNC, kamu akan mempunyai dua rekening yaitu Tabungan Neo dan Neo NOW. Tabungan Neo merupakan rekening tabungan tanpa bunga, sedangkan Neo Now mempunyai bunga. Kamu juga bisa membuka Neo WOW Deposito dengan periode mulai dari 7 hari sampai 12 bulan.

*Catatan: Deposito adalah tabungan berjangka (mempunyai periode waktu), di mana jika periodenya belum berakhir maka nasabah tidak boleh melakukan penarikan dana. Kalaupun dilakukan akan dikenai sanksi yang biasanya berupa biaya penalti.

Neo+ BNC atau Neobank juga memiliki fitur Neo Jurnal di dalamnya. Fitur tersebut berguna untuk mencatat transaksi harian kamu, disertai grafik pemasukan dan pengeluaran perbulannya.

Fitur selengkapnya bisa kamu cek di website resmi Bank Neo Commerce.

3. TMRW

-->

Fitur unggulan TMRW yang saya sukai yaitu Smart Insight dan Smart Savingsnya. Smart Insight berguna untuk mengingatkan transfer atau pembayaran dan juga memperingati kamu jikalau ada transaksi yang tidak wajar terjadi.

Berbeda dengan Smart Insight, Smart Saving bermanfaat untuk menabung. Dengan fitur tersebut, kamu dapat bermain game City of TMRW, yaitu game membangun kota impian melalui tabungan. Kamu bisa menentukan target dan mendapat tips dan trik dalam menabung, yang mana setiap kamu menabung maka kota milikmu akan berkembang. Fitur menabung sambil bermain game saat ini hanya TMRW yang punya, lho!

Fitur selengkapnya dapat kamu cek di website resmi TMRW by UOB.

4. Line Bank

-->

Dari segi user interface (UI) dan biaya yang benar-benar nol rupiah, Line Bank membuat saya nyaman menggunakannya. Namun fiturnya masih sangat sedikit, apalagi fitur pembayaran virtual account yang sering saya gunakan tidak ada.

Setelah mendaftar, kamu dapat membuka rekening sebagai tabungan milikmu. Dengan membuka tabungan, kamu dapat menikmati biaya 0 rupiah dan kemudahan akses transaksi. Kamu juga dapat membuka lebih dari satu tabungan dalam akun yang sama. Setiap tabungan yang kamu miliki mempunyai nomor rekeningnya sendiri. Jadi kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Selain itu Line Bank juga benar-benar menerapkan biaya 0 rupiah untuk biaya bulanan, transfer antar bank, dan tarik tunai di atm-atm bank lain. Untuk kemudahan transaksi dengan tabungan milikmu, Line Bank menyediakan kartu debit VISA dan GPN. Saat ini ada 4 debit yang bisa kamu pilih, yang mana tampilan kartu debitnya juga berbeda-beda dan unik, terdapat karakter Line di sudutnya.

Fitur selengkapnya bisa kamu cek di website resmi Line Bank by KEB Hana Bank.

Rekomendasi Bank Digital untuk Transaksi Harian

1. TMRW

Rekomendasi bank digital pertama untuk transaksi harian yaitu bank digital TMRW dari UOB. Bank TMRW ini sangat saya rekomendasikan untuk penggunaan transaksi sehari-hari kamu. Alasannya sebagai berikut:

  1. Fitur Lengkap
    TMRW mempunyai fitur lengkap seperti bank-bank besar di Indonesia.
  2. Jarang Maintenance
    TMRW jarang mengadakan maintenance, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu tidak bisa melakukan transaksi.
  3. Bebas Biaya Admin Tanpa Syarat
    TMRW menerapkan bebas biaya admin untuk rekening dan transfer antar bank, tanpa perlu memenuhi syarat-syarat tertentu.
  4. Berasal dari Bank UOB
    TMRW berasal dari Bank UOB yang beroperasi tidak hanya di Indonesia, sehingga sudah jelas pengalaman, keamanan, dan kemungkinan bertahannya (xD).
  5. Promo Cashback
    Meski tidak sering, TMRW suka mengadakan promo cashback untuk nasabahnya dalam bentuk misi.

2. Bank Neo Commerce

Rekomendasi bank digital untuk transaksi harian kedua yaitu bank digital Neo+ BNC. Alasan saya merekomendasikan Neobank ini karena sebagai berikut:

  1. Fitur Lengkap
    Neo+ BNC menyediakan fitur-fitur lengkap untuk memudahkan transaksi kamu. Fitur yang paling saya sukai adalah fitur top up saldo dengan berbagai metode pembayaran, salah satunya melalui virtual account minimart seperti indomaret atau alfamart. Kamu bisa menentukan jumlah top up sesuka hati, mulai dari Rp 1 (tapi siapa sih yang mau top up saldo cuma satu rupiah ? xD).
  2. Bebas Biaya Admin Tanpa Syarat
    Tidak ada syarat tertentu untuk menikmati bebas biaya admin di Neo+ BNC. Kamu dapat melakukan transfer antar bank secara real time 24 jam tanpa dikenai biaya administrasi.
  3. Jarang Maintenance
    Meski termasuk bank digital yang baru muncul, Neobank jarang mengadakan maintenance mendadak sehingga nasabah bisa melakukan transaksi kapanpun itu.

Namun satu kekurangan dari Neobank yaitu transfer atau transaksi yang terkadang lambat, terkendala, bahkan dananya tersangkut (saldo dikurangi namun tidak sampai ke penerima). Tapi tenang saja, jika kamu mengalami hal-hal di atas maka silakan hubungi atau chat Customer Service Neobank. Respon mereka cepat kok, dan pelayanannya 24 jam.

3. digibank by DBS

-->

Rekomendasi Bank digital berikutnya yaitu digibank dari DBS. Alasan saya merekomendasikan digibank untuk transaksi harian karena sebagai berikut:

  1. Berasal dari Bank DBS
    digibank berasal dari Bank DBS, yang beroperasi tidak hanya di Indonesia. Bank ini termasuk bank populer di Benua Asia, dan termasuk dalam kategori bank terbaik di dunia.
    *digibank sendiri termasuk bank digital terbaik di dunia (menurut Euromoney).
  2. Fitur Lengkap
    Sebagai salah satu bank digital yang termasuk kategori terbaik di dunia, tentulah fitur-fitur digibank sudah sangat lengkap. Kamu bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun dengan mudah.
  3. Banyak Promo Cashback
    Bagi nasabahnya yang setia, digibank sering memberikan promo cashback setelah memenuhi syarat-syarat tertentu (kayak misi gitu). Promo digibank ini seringnya tidak universal, jadi hanya nasabah yang terundang dapat mengikuti promo.
  4. Jarang Maintenance
    Wah kalo ini gak perlu dibahas deh.

digibank memang cocok deh masuk kategori bank digital terbaik. Selama penggunaannya-pun saya belum pernah mengalami masalah. Kamu juga bisa menikmati gratis biaya admin bulanan dan transfer antar bank, dengan syarat rata-rata saldo rekeningmu Rp 1jt ke atas.

Kalau gratis biaya admin ini gak ada syaratnya, saya bakal pake digibank sebagai bank digital utama kayaknya (hehe).

Fitur selengkapnya bisa kamu cek di website resmi digibank by DBS.

4. Seabank

-->

Seabank merupakan bank digital yang berasal dari Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) dan bekerja sama dengan Shopee. Seperti bank digital pada umumnya, kelebihan-kelebihan Seabank tidak jauh berbeda. Alasan saya merekomendasikan Seabank untuk transaksi sehari-hari karena Seabank menggratiskan biaya administrasi tanpa syarat dan kemudahan dalam menggunakannya.

User interface Seabank cukup simpel dan saya menyukainya. Saya sendiri sering menggunakan Seabank untuk transfer antar bank dan top up e-wallet karena bebas biaya administrasi, terutama Shopeepay. Saya tidak menggunakannya selain dari untuk hal tersebut.

Fitur selengkapnya dapat kamu cek di website resmi Seabank.

TAMBAHAN

BukuKas & BukuWarung: Aplikasi yang Mungkin Sangat Kamu Butuhkan dalam Transaksi Perbankan Sehari-hari

Jika transaksi perbankan menjadi aktivitas sehari-hari kamu, maka saya sarankan untuk menginstal aplikasi BukuKas atau BukuWarung. Dengan aplikasi tersebut, kamu dapat transfer uang secara gratis menggunakan akun virtual, mengajukan QRIS, menagih uang, mencatat transaksi, mencairkan koin shopee atau OVO Point, dan sebagainya. Saya juga sudah menulis artikel tentang BukuWarung, yaitu Cara Transfer ke Semua Bank Gratis.

BukuKas & BukuWarung tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.


Kesimpulan

Dari daftar rekomendasi bank digital di atas, apakah kamu sudah bisa menentukan pilihanmu? Jika belum, maka saya akan memberi sedikit saran. Keamanan bank-bank digital di atas sudah sangat aman dan terjamin. Jika tidak aman, maka daftar bank digital di atas tidak akan menjadi bank digital. Jadi, saya sarankan kamu untuk setidaknya membuka rekening di dua bank digital yang berbeda. Misalnya kamu membuka rekening di Bank Jago untuk menabung, dan membuka rekening di TMRW untuk transaksi sehari-hari.

Saya sendiri membuka rekening di semua daftar rekomendasi bank digital yang saya buat di atas. Jika tidak, saya enggak berani memberikan rekomendasi ke teman-teman semua (hehe). Oleh karena itu, semoga daftar rekomendasi bank digital yang saya buat ini bermanfaat ya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!


Ad Blocker Terdeteksi!

Iklan kami berasal dari Google Adsense, sehingga 100% aman & tidak mengganggu. Mohon dukung kami dengan cara:

Mematikan AdBlocker & Men g-kl1k ik.L4n 1x (tidak perlu banyak)

Terima kasih.